THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Tuesday, December 1, 2009

Proses Awal Mendidik Anak dalam Islam

Ada beberapa hal penting dalam kehidupan ini yang mungkin selama ini luput dari perhatian sebagian besar para orang tua. Diantara hal penting itu yang memerlukan perhatian serius dari orang tua adalah dunia anak-anak dan masalah pendidikan serta pembentukan kepribadian. Itulah sebabnya pengarang merasa perlu mengangkat masalah tersebut didalam buku ini.
Buku ini menjelaskan tentang cara-cara membimbing anak menjadi cerdas dan berbudi sesuai dengan ajaran islam bagi para orang tua yang pasti ingin buah hatinya tumbuh menjadi anak yang soleh dan solehah.
Cara-cara tersebut diantaranya adalah pendekatan keteladanan. Pendekatan keteladanan ini menjadi sarana pendidikan yang sangat efektif. Karena perlu diketahui oleh para orang tua bahwa anak-anak lebih banyak belajar dan mendapat pengetahuan melalui proses peniruan. Proses peniruan tersebut harus bernilai positif di mata mereka, sehingga mereka pun bisa melahirkan perbuatan serta tutur kata yang baik tentunya dan diharapkan anak-anak dapat memiliki keimanan yang kokoh.Setelah melewati tahap keteladanan, yang perlu dilakukan para orang tua dalam memulai proses pendidikan anak adalah menyentuh dan mengaktifkan potensi berfikir anak dengan cara membacakan cerita atau dongeng. Karena cerita bisa membangkitkan kesadaran serta mempengaruhi jalan pikiran dan bisa menyumbangkan nilai positif dalam diri mereka. Dengan begitu anak-anak bisa berfikif jernih di setiap permasalahan yang mungkin mereka hadapi di masa kanak-kanaknya.
Selain cara di atas, orang tua bisa mengajak anak bermain sebagai salah satu media pendidikan yang cukup penting dan efektif. Dengan bermain anak-anak bisa mengalami perkembangan melalui interaksi dengan anak-anak lain dalam kegiatan permainan yang beraneka ragam dan bermacam-macam Cara-cara tersebut seakan kurang apabila orang tua tidak melengkapinya dengan membentuk kesadaran beribadah serta membangun dasar akidah ke dalam jiwa anak dengan mengenalkan dan mengajarkan Al-Quran kepada anak-anak , termasuk memperkenalkan Allah, islam serta mencintai dan berbakti kepada orang tua.
Melalui tahapan-tahapan awal tersebut, anak-anak bisa lebih terbuka dalam menangkap hal-hal baru di sekitar mereka yang berguna bagi proses pendidikannya dan memiliki keteguhan hati serta keimanan yang kokoh dalam proses perkembangannya.
Buku ini juga di lengkapi dengan dalil-dalil Alquran yang didalamnya mengandung makna-makna yang bisa dijadikan pembelajaran bagi orang tua. Bahasa yang digunakan juga mudah di mengerti. Sekiranya buku ini menjadi bacaan wajib bagi para orang tua yang mendambakan anaknya menjadi seorang yang cerdas serta berakhlak mulia dengan memaparkan “petunjuk islam” dalam membimbing mereka.

0 comments: